Skip to main content

TAMAN RUMAH FENG SHUI - Part II

Penerapan taman dengan pola Feng Shui di Indonesia Khusunya di Surabaya memang tidak sepopuler di Cina dan negara negara barat.  Di Indonesia, filosofi taman dan tanaman cenderung terbatas pada etnis dan kepercayaan tertentu.

tukang taman surabaya |  taman rumah feng shui

Di Jawa timur surabaya misalnya dikenal tanaman semanggi sebagai tanaman yang dijadikan simbol makna budaya, sementara di Bali ada prinsip nawa-sange (sembilan penjuru mata angin). Prinsip ini direalisasikan dengan menempatkan tanaman berwarna pada arah mata angin tertentu yang bermakna religius.
Feng shui taman sebetulnya mirip dengan feng shui bangunan. Feng shui taman menuntun kita pada keselarasan energi bumi, angin, dan air, terhadap desain dan penempatan berbagai elemen taman. Hal ini dianjurkan agar tercapai keselarasan dan mengalirnya energi positif (chi) di lingkungan tempat tinggal sebagaimana sudah di jelaskan dalam Taman Rumah Menurut Feng Shui ala Tukang Taman Surabaya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengaruh taman dan interaksinya dengan rumah anda. Siapa tahu tidak hanya memperindah, tapi juga berpengaruh positif terhadap hidup anda.

Letak Taman

Ada tiga hal penting yang perlu diketahui, yaitu letak taman, jenis tanaman, dan material elemen taman. Letak taman dapat mempengaruhi harapan dan pencapaian keluarga penghuni rumah. Untuk meningkatkan chi-nya, selaraskan pilihan tanaman, warna dominan taman dan bahan elemen taman. berikut ini gambaran letak taman dan solusi feng shui.

  • Taman di utara: Arah ini berpengaruh terhadap kreativitas, perkembangan dan pertumbuhan personal. Warna yang dianjurkan adalah warna hitam/gelap seperti tanaman puring (Codieaum variegatum) atau yang mendekati seperti ungu tua pada manggis (garcinia mangostana). Elemen yang baik digunakan: air dalam bentik kolam atau tanaman air dan logam untuk berbagai elemen taman. Elemen yang sebaiknya dihindari adalah batu.
taman feng shui - www.jasataman.co.id

  • Taman di timur laut: Mempengaruhi pertumbuhan kebijaksanaan dan intelektualitas. Elemen yang dianjurkan berbahan batu.
  • Taman di timur: merupakan area yang mempengaruhi kesehatan, penyegaran, peremajaan penghuni rumah, serta kehidupan keluarga. Warna yang dianjurkan adalah warna kuning seperti pada cabe hias (capsicum anuum) dan tanaman buah seperti jeruk lemon (citrus sp). Dianjurkan untuk menanam buah, sayur dan tanaman obat-obatan tradisional. Elemen yang baik digunakan adalah berunsur kayu dan menghindari bahan logam.
tanaman feng shui - www.jasataman.co.id

  • Taman di tenggara: melambangkan kekayaan materi dan berkelimpahan. Elemen yang digunakan adalah kayu dan menghindari bahan logam.
  • Taman di Selatan: merupakan area yang mempengaruhi peluang baik, keinginan, penghargaan, hasil pencapaian dan kebahagiaan para penghuni rumah. Warna yang dianjurkan adalah warna merah seperti pada mawar merah (rose sp) dan soka merah (ixora sp). Elemen yang baik adalah yang berunsur api seperti barbeque atau pencahayaan dekoratif. sebaiknya hindari penggunaan elemen air.
mawar merah - www.jasataman.co.id


  • Taman di barat daya: mempengaruhi keadaan perkawinan dan keharmonisan keluarga, juga melambangkan kasih seorang ibu. gunakan elemen berbahan batu dan hindari elemen kayu. Tanaman yang disarankan adalah yang berbunga merah muda, seperti bunga mentega (nerium oleander) dan azalea pink (Rhodhodendron sp).
bunga pink - www.jasataman.co.id

  • Taman di barat: Tempat yang baik untuk aktivitas anak karena berpengaruh besar kepada kreativitasnya.baik juga untuk bersosialisasi dan menghibur tamu anda. Elemen yang baik digunakan adalah logam. Hindari unsur api. Warna yang dianjurkan adalah warna putih seperti melati (jasminum sp) atau kaca piring (gardenia sp).
jasmin putih - www.jasataman.co.id

  • Taman di barat laut: mempengaruhi keadaan usaha pemilik rumah dan perjalanan. Area ini melambangkan dukungan dan bimbingan seorang ayah. Eleman yang baik dugunakan dalah logam. Hindari unsur api. Tanaman yang disarankan adalah melati (jasminum sp).
taman feng shui - www.jasataman.co.id

Memilih Tanaman

Pada dasarnya tanaman berbunga dan berbuah banyak memiliki manfaat.

Lihat 310 jenis tanaman berbunga

Menurut feng shui jenis tanaman yang demikian merupakan simbol pembawa berkah, selama penempatan-nya selaras dengan kaidah feng shui. Oleh karena itu tanaman jenis ini sangat dianjurkan ditanam pada taman.
Agar selalu memancarkan chi positif, tanaman harus terpelihara baik. Tanaman yang layu atau mati sebaiknya tidak dibiarkan. Selain mengundang energi negatif, tanaman tersebut dapat menjadi inang serangga yang membawa penyakit, baik kepada manusia maupun tanaman disekitarnya.
Menyelaraskan bangunan dan struktur taman rumah menurut feng shui menjadi sangat penting di aplikasikan bagi anda yang menginginkan kesan etnis sebagai karakter taman rumah anda.

Demikian tambahan artikel semoga bisa bermanfaat untuk anda yang menginginkan konsep taman Fengshui untuk rumah tinggal.
Terima kasih sudah berkunjung disitus kami Jasa Tukang Taman Surabaya Jawa Timur.

Kembali ke Home
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Tukang Taman surabaya jasataman co id adalah spesialis jasa tukang taman terpercaya di surabaya jawa timur. Melayani jasa pembuatan taman minimalis, taman tropis, taman klasik, taman mediterania, taman kering, taman vertikal, juga pembuatan air mancur, water wall kolam hias koi minimalis, carport | batu sikat, relief taman, gazebo | sawung dan sebagainya Produk layanan jasataman co id hadir sebagai: Jasa tukang taman surabaya Jasa tukang taman sidoarjo Jasa tukang taman gresik Jasa tukang taman lamongan Jasa tukang taman jakarta

Sitemap