Skip to main content

MEMBANGUN TAMAN SURGA

Surabaya - taman seringkali disematkan dalam paduan kata  surga , nirwana, suwargaloka, indraloka dalam berbagai tradisi keagamaan.

Apakah itu taman?

Taman adalah sebuah wujud atau bentuk karakteristik keindahan dan eksotisme penuh hikmat yang berbentuk obyek raelistis terdiri dari struktur meterial seperti tanaman, unsur air, dan elemen tanah.

Apa itu surga?

Surga adalah sebuah dimensi, situasi, wahana, keadaan yang merupakan kumpulan dari berbagai manifestasi kenikmatan, keindahan, keagungan, keparipurnaan rasa yang menjadi esensi dari sebuah penggambaran realitas.


taman surga surabaya jawa timur jasataman co id


Dalam pemahaman saya Taman surga adalah Manifestasi sebuah puncak kenikmatan paripurna sebagai realitas yang mampu di pahami akal se-adanya.


Dalam literatur islam adanya taman surga merupakan perkara yang wajib dipercaya, kenapa?

Dalam rukun iman terdapat kewajiban untuk mempercayai adanya hari akhir ( kiamat), refleksi adanya hari akhir akan diteruskan dengan adanya hari perhitungan amal atau hisab sebagai tebusan prilaku di dunia. Pada proses hisab ini-lah akan melahirkan dua vonis yaitu surga bagi yang beramal baik dan neraka bagi yang beramal buruk.


taman surga dunia jasataman co id


Semua tradisi kepercayaan di dunia sangat meyakini adanya surga dan neraka sebagai balasan sebuah prilaku sebelumnya, walaupun dengan berbagai perspektif yang mungkin berbeda-beda.


Karakteristik taman surga menurut islam

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa keadaan atau dimensi surga merupakan puncak dari ke-paripurnaan tak terbatas bahkan kenikmatanya tidak bisa di jangkau dengan akal fikiran manusia. Keterbatasan akal manusia hanya mampu mengenali karakteristik sesuai dengan petunjuk dalil aqli  (  akal ) dan nakli ( Al-qur'an ) dan jangkauan akal manusia sangat terbatas sehingga pasti tidak akan mampu bahkan hanya untuk sekedar membayangkan persisnya.


  • Kenikmatan Rasa nikmat adalah sebuah kata sifat yang menjadi karakter taman surga sebagai ganjaran amal kebaikan di dunia seperti di jelaskan dalam literatur islam tentang surga na,im.

  • Dimensi atau suasana surga digambarkan dalam bentuk paling sempurna dimana didalam surga tidak mengalami panas juga tidak mengalami kedinginan, lagi-lagi akal manusia terbatas dalam mengartikan dimensi ini. Dalam perspektif dunia bisa difahami nuansa yang teduh, asri, semilir, sejuk dan hikmat

  • Keamanan, ciri surga selanjutnya adalah keamanan-nya yang terjamin tidak ada bahaya yang mengancam, sebab surga adalah final dari sebuah amal amal didunia. seperti di jelaskan dalam surga Maqomul amin.


  • Kekal dan abadi adalah situasi yang dijanjikan bagi penghuni surga, semua yang tersedia di dalam surga boleh dinikmati tanpa batas waktu

  • Pelayanan atau kenikmatan surga, alam al-qur'an banyak sekali dijelaskan tentang karakteristik surga dan penghuninya seperti di jelaskan dalam QS: Ad-Dukhaan

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat-tempat yang aman, di dalam-nya terdapat taman-taman dan mata air-mata air; meraka memakai kain sutera yang halus dan sutera yang tebal (duduk) berhadap-hadapan, Demikianlah. Dan kam berikan bidadari, di dalam-nya mereka meminta berbagai macam buah-buahan dengan aman. Mereka tidak akan merasakan mati didalamnya kecuali kematian di dunia. dan Allah memelihara mereka dari adzab neraka, sebagai karunia dari tuhanmu. yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar."


Nama-nama surga dalam islam

  • Surga Firdaus Surga yang diciptakan dari emas yang merah dan di sediakan bagi orang yang khusyuk sholat-nya, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluan-nya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholat-nya.

  • Surga AdnSurga yang diciptakan dari intan putih dan diperuntukkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah, beriman dan beramal shaleh, melakukan kebajikan, sabar, menginfakkan hartanya dijalan Allah dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

  • Surga na'im Surga yang diciptakan dari perak putih dan diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal shaleh.

  • Surga ma'wa, Surga yang diciptakan dari jamrud hijau dan disediakan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah, beramal shaleh, serta takut akan kebesaran Allah dan menahan hawa nafsu.

  • Surga darussalam, Surga yang diciptakan dari yakut merah dan disediakan bagi orang yang kuat iman dan islam-nya, menjalankan perintah-perintah Allah serta beramal shaleh.

  • Surga darul muqomah Surga yang diciptakan dari permata putih ini disediakan bagi orang yang pandai bersyukur kepada Allah. Para penghuninya tidak merasakan lelah dan lesu.

  • Surga maqomul amin, Surga yang diciptakan dari permata putih, maqomul amin adalah tempat yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa dan beramal sholeh.

  • Surga khuldi Surga yang diciptakan dari marjan merah dan kuning disediakan bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-nya.


Membangun taman surga apakah bisa dilakukan di dunia?

Membangun taman dengan konsep dan karakterstik surga tentu saja bisa dilakukan didunia.

Dengan mencermati karakter dan rujukan seperti yang disebutkan di atas. para pakar taman atau Jasa tukang taman bisa mengekspresikan konsep taman surga, tentu saja dalam perspektif keterbatasan akal manusia, karena surga yang sesungguhnya tidak akan mampu di jangkau dan dibayangkan manusia.

Yang pasti tidak akan mampu di kreasikan akal manusia adalah menghadirkan dimensi dan suasana yang terdapat dalam surga yang merupakan esensi dan inti dari surga itu sendiri.


taman surga | jasa tukang taman surabaya jawa timur jasataman co id


Terdapat pendapat kaum 'arif yang mengatakan: surga dapat dirasakan sejak di dunia, dalam bahasa lain "barang siapa tidak merasakan surga di dunia( subyektif ), maka dia pun tidak akan merasakan surga di akherat kelak." Pendapat lain" Penghuni surga adalah orang yang sudah pernah merasakan dan mencicipi surga dunia.

Pengertian merasakan surga dunia berasal dari mujahadah terus-menerus ( bersunggh-sungguh ) untuk mencapai kesempurnaan prilaku kebajikan, kesadaran insan sebagai makhluk yang penuh keterbatasan, penyerahan diri menyeluruh kepada dzat yang maha agung. dan ini tidak saya jabarkan lebih luas lagi karena tema kita adalah ingin membangun taman dengan konsep surga.

Unsur air

Dalam beberapa penjelasan nakli ( Al-qur,an ) menjelaskan bahwa di dalam surga terdapat sungai yang mengalir, hal ini di tangkap para pekerja taman dan improvisasi dengan menciptakan banyak varian air mengalir / water feature seperti berikut:

JASA TUKANG TAMAN SURABAYA DAN DESAIN TAMAN SURGA jasataman co id

Masih ingat sejarah kerajaan raja sulaiman, apa yang anda tangkap dari qishos ( kisah ) tersebut?

Kemegahan kerajaan sulaiman adalah satu-satunya kerajaan dengan tingkat arsitektur paling megah di dunia yang tidak pernah ada ada di jaman sebelumnya bahkan di jaman sesudahnya.

Ingatlah ketika ratu bilqis menyingkapkan pakaian-nya ketika akan melewati sebuah kolam yang terdapat dalam ruangan istana. Nah dari saja sudah bisa difahami bahwa penerapan kolam, atau instrumen air menjadi perhatian khusus bagi saya, betapa intrumen air seringkali menjadi bagian penting dalam eksplorasi estetika.


Ingin mencari banyak referensi dan desain taman realistis untuk taman rumah lihat di Tukang taman surabaya

Lihat juga eksistensi taman surabaya yang sangat populer di dunia
Sekian update saya tentang membangun taman surga di rumah sendiri, kurang lebihnya mohon masukan-nya.
Salam Jasa tukang taman surabaya jawa timur
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Tukang Taman surabaya jasataman co id adalah spesialis jasa tukang taman terpercaya di surabaya jawa timur. Melayani jasa pembuatan taman minimalis, taman tropis, taman klasik, taman mediterania, taman kering, taman vertikal, juga pembuatan air mancur, water wall kolam hias koi minimalis, carport | batu sikat, relief taman, gazebo | sawung dan sebagainya Produk layanan jasataman co id hadir sebagai: Jasa tukang taman surabaya Jasa tukang taman sidoarjo Jasa tukang taman gresik Jasa tukang taman lamongan Jasa tukang taman jakarta

Sitemap